Kumpulan Tips Merawat Lovebird | Apa yang Kau Suka

Adsense Link 728 X 15

Kumpulan Tips Merawat Lovebird

August 25th, 2014 0 Comments

IMG_20140824_212039Mungkin bisa dianggap telat klo saya baru memelihara lovebird sekarang-sekarang ini, tp menurut pepatah kan tidak ada kata telah untuk memulai sesuatu, awalnya saya tidak hobi memelihara burung, tp tuk burung yang satu ini, saya selalu jatuh cinta jika selalu bertemu dengannya, ya mungkin ini sebabnya burung ini dinamakan burung cinta.
Ini adalah pengalaman pertama saya memelihara burung, dan memang ternyata pengalaman ini mematahkan anggapan dan beberapa pertanyaan saya mengapa orang memelihara burung, memelihara burung punya rasa unik yang berbeda… Ya.. itu yang saya rasakan dan tidak sedikitpun ada rasa menyesal dari uang yang saya keluarkan untuk memelihara burung jenis ini.

tetangga saya yang rumah depan adalah pecinta unggas, burung dan ayam, dialah yang membantu saya dalam mencapai hobi baru saya ini. trims for him.. awalnya beli sarang 1, saya cewenya tetangga saya cowonya, tp karna dia sudah sejodo, jadi ga tega dipisahin, jadi akhirnya saya ambil keduanya, tetangga saya beli lagi

karna saya orang baru lalu saya memberikan untuk saya khususnya beberapa tips dalam merawat burung cinta ini

Lovebird adalah burung dari benua afrika sedikit berbeda dengan jenis burung yang lain karena karakter lovebird yang unik membuat banyak orang membuat lovebird selayaknya seperti peliharaan kucing atau anjing, banyak breeder itu termasuk saya,hehe terkadang membiarkan lovebird bebas terbang didalam ruangan atau sekedar mengajaknya main bersama. Sayangnya sering saya melihat kurangnya kepedulian dari sang empunya lovebird untuk memberikan perawatan yang baik untuk burung ini, contohnya hampir semua pedagang burung pinggir jalan membiarkan burung ini terbiasa menghisap asep knalpot yang mungkin di alam aslinya mereka gak pernah rasakan itu, belum lagi kandang lovebird yang terlalu kecil menjadi pilihan banyak pencinta lovebird dikarenakan menghemat biaya padahal burung ini adalah burung yang aktif yang sebenernya memerlukan kandang yang cukup besar. Oleh karena itu artikel ini akan membahas bagaimana cara merawat lovebird dengan baik:

Tips Perawatan Lovebird

1. Kandang
Kandang lovebird biasanya dikelilingi oleh kawat dan didasari oleh bahan plastik. Saya merekomendasikan kandang lovebird memiliki ukuran setidaknya 24-30 inci lebar dengan dua atau lebih tempat bertengger, usahakan tempat bertenggernya memiliki ketebalan yang pas dengan ukuran kaki lovebird jadi jangan terlalu besar juga dan pakailah kayu alami itu akan lebih bagus. Jagalah kandang tetap bersih beberapa penyakit lovebird seperti penyakit mata atau snot pembunuh lovebird terfamiliar diakibatkan oleh kandang yang kotor

2. Makanan
Makanan adalah aspek penting dalam merawat lovebird seperti binatang lainya lovebird pun mempunyai beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi. Sebenarnya lovebird bisa diberikan banyak varian makanan bahkan makanan-makanan yang sering kita makan juga, tetapi disarankan untuk memberikan makanan biji-bijian campur, beri banyak kangkung terlebih lagi jika lovebird sedang dikawinkan, jagung dan masih banyak lagi. Perhatikan makanan yang diberikan setidaknya sudah dibersihkan dahulu sebelumnya.

3. Kesehatan
Beberapa yang harus diperhatikan oleh pencinta lovebird semua agar menjaga lovebird tetap sehat

  • Seperti yang tadi sudah kita bahas jaga kandang untuk tetap bersih lalukan pembersihan kandang sehari sekali atau dua hari sekali tergantung tingkat kotor kandang tersebut.
  • Jangan terlalu berlebihan memberikan makanan pada lovebird, lovebird adalah burung yang rakus jadi jangan heran kita akan melihat mereka selalu makan, tetapi banyak para breeder berpengalaman menganjurkan agar burung ini tidak terlalu gemuk oleh karena itu kita harus atur jumlah makanan yang diberikan.
  • Secara harian cek apakah tempat air minum dikandang sudah kotor atau tidak, jika kotor lalukan pembersihan lalu ganti dengan air bersih.
  • Lebih seringlah memandikan lovebird, untuk saya ini adalah kegiatan yang paling menyenangkan karena pada saat itu tingkah lalu lovebird sangat menggemaskan 😀
  • Berikan multivitamin dan nutrisi agar lovebird tetap fit, beberapa orang menggunakan propolish, tetapi saya pribadi belum pernah mencobanya.

4. Rutin nitas 

  •  Pagi: Lalukan penjemuran letakan sangkar lovebird ini bisa dilakukan jam 07.00 di area yang banyak angin selama 15menit – 30menit, jika anda mempunyai 2 atau lebih lovebird biarkan kandang mereka saling berdekatan agar bisa melihat burung dengan jenis yang sama.
  • Siang: Masukan lovebird didalam rumah, jika anda ingin lovebird anda gacor pada siang hari tudung kandang lovebird dengan kain lalu dengarkan mastering dari burung lain.
  • Sore: Jam 16.00 kembali lagi keluarkan lovebird keteras atau ketempat yang cukup untuk mengangin2kan burung itu.
  • Malam: Biarkan lovebird istirahat, tutup kandang dengan kain. Tetapi jika anda ingin jadikan lovebird burung lomba anda bisa memainkan mastering suara dari burung lain sampai pagi kembali.

5. Hiburan

Lebih seringlah berinteraksi dengan lovebird ajak mereka main atau berikan mainan pada lovebird itu bisa berupa gantungan-gantungan dengan bentuk yang unik, berikan bola-bolaan dengan begitu anda akan melihat seberapa kocaknya mereka memainkan bola2an tersebut. Jika mungkin anda bisa membiarkan mereka bebas didalam suatu ruangan tertutup kalau mereka sudah akrab dengan anda burung ini tidak akan sungkan berdekatan dengan anda. Hiburan akan membuat lovebird tidak strees karena lovebird adalah binatang yang aktif jadi jangan biarkan dia hanya diam dikandang saja.

Ada 2 faktor yang membuat Love Bird rajin bunyi atau gacor dan ngekeknya panjang:

1.Faktor Keturunan
Untuk bagian ini memang sering terjadi perdebatan ada yang bilang faktor keturunan itu hanyalah 40-50% pengaruhnya,namun ada juga yang bilang mutlak faktor keturunan yang membuat Love bird ngekeknya panjang dan gacor.

2.Faktor Lingkungan
Misalnya:kandang ataupun suasana tempat yang ditempati burung itu sendiri. mulai dari bentuk kandang,posisi kandang,kebersihan kandang yang paling penting,sehingga akan memberikan efek baik untuk burung.
Dan yang harus diperhatikan pada loverbid adalah

Makanan

Jagung muda sangat baik untuk love bird,sayuran dll,juga pemberian multivitamin yang mampu merangsang pembentukan hormon testosteron, seperti TestoBirdBooster, juga bisa membuat lovebird gacor, daya tahan prima, dan mental tidak mudah anjlok.

– Permasteran

Dalam hal pemasteran, kita dapat melakukan pemasteran terhadap lovebird muda, dengan menempelkan sangkar di dekat burung masteran. Bisa juga menggunakan CD masteran, atau mp3 player berisi rekaman suara burung-burung masteran. Lakukan secara rutin, setiap hari. Pemesteran Love Bird sejak kecil sangat berpengaruh pada besutan yang akan di ikutkan kontes.

Cuaca

Hati-hati dengan cuaca ini, karena terkadang dengan perbedaan cuaca yang tidak menentu dan pola perawatan kita yang tidak terlalu faham dapat mengakibatkan Love Bird akan mudah sakit, maka seringlah bertanya kepada ahlinya mengenai cara menangani love bird.

– Perawatan

Pada bagian perawatan ini banyak hal yang perlu dipelajari antara lain:

a) Memandikan Love Bird setiap pagi dengan cara semprot pakai spray pada sekitar jam 7an atau tergantung situasi atau mungkin lebih siang sedikit jika kondisi hujan (karena kebetulan lagi musim hujan).

b) Lakukan penjemuran selama kurang lebih 1 jam jika matahari benar-benar cerah dan oleh lebih lama apabila kondisi matahari tidak begitu cerah.

c) Dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah terhadap Love Bird, artinya jangan sampai Love Bird  merasa tidak nyaman, terganggu dengan adanya penggoda yang memang sengaja menggoda atau karena tidak tahu dan hanya sekedar ingin iseng, maka kalo bisa hal seperti itu diusahakan untuk dihindari demi kenyamanan Love Bird, karena akan berpengaruh pada fisik dan psikis si Love Bird itu sendiri dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seni dan kualitas suara dan ocehan si Love Bird.

semoga membantu

Share and Enjoy:
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • email
  • Propeller
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Twitter
aku
 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Kumpulan Tips Merawat Lovebird”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box