Uji Kemampuan Sains SMPN sekota Depok | Apa yang Kau Suka

Adsense Link 728 X 15

Uji Kemampuan Sains SMPN sekota Depok

March 10th, 2011 1 Comment

Dalam upaya memajukan pendidikan anak bangsa, Dikti bekerjasama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia yang di Koordinatori oleh Dr.rer.nat. Abdul Haris mengadakan tes “Uji Kemampuan Sains Siswa“ yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 Maret 2011 di seluruh Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Depok. Kegiatan ini juga didukung penuh oleh BEM FMIPA UI.

Menurut penuturan Dr.rer.nat. Abdul Haris Uji Kemampuan Sains Siswa ini diadakan untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran sains (Matematika, Fisika dan Biologi) dan memberikan bekal pengalaman siswa dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan pada kasus-kasus pelajaran sains, meningkatkan cara berfikir sainstifik disertai ketrampilan laboraturium dan mengaplikasikan secara sederhana hingga kompleks dalam aspek kehidupan sehari-hari.

Diharapkan hasil dari Uji Kemampuan Sains Siswa ini siswa dapat menggunakan metode berfikir logik untuk menunjang keberhasilan sains khususnya dan juga mata pelajaran terkait lainnya, dapat lebih memotivasi belajar siswa dengan terbiasa menghadapi beban dan tugas yang diberikan disertai kompetisi untuk mencapai keberhasilan individual serta berprestasi setingi-tingginya di bidang sains.

Pelaksanaan Uji Kemampuan Sains Siswa yang dilaksanakan serentak di seluruh SLTP Negeri di Kota Depok, telah dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 12 Maret 2011 yang dibantu oleh BEM-FMIPA berjalan tertib dan lancar tanpa hambatan. Setelah pelaksanaan ujian ini, 3 siswa rating tertinggi dari masing-masing SLTP Negeri di Kota Depok  akan di bina di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia. Pengumuman hasil ujian ini akan disampaikan paling lambat minggu ini.

Uji Kemampuan Sains Siswa ini sebenarnya sangat diharapkan oleh guru-guru di setiap SLTP di Kota Depok seperti penuturan salah seorang guru dari SLTP Negeri 5 Kota Depok Ibu Erna Iriani, SPd yang sangat mendukung pelaksanaan uji kemampuan sains ini diadakan setiap semester, karena dapat mengukur kemampuan siswa dibidang sains sebagai bekal mempersiapkan siswa menghadapi OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan UN (Ujian Nasional).

Dengan dilaksanakannya Uji Kemampuan Sains Siswa ini bisa mendapatkan bibit-bibit siswa yang betul-betul kompeten, berminat dan dapat berprestasi di bidang sains baik kompetisi tingkat nasional maupun internasional, sehingga dapat mengharumkan nama sekolah, bangsa khusus nya Kota Depok.

Sumber : sci.ui.ac.id

http://www.sci.ui.ac.id/berita/pelaksanaan-uji-kemampuan-sains-siswa/

http://www.sci.ui.ac.id/berita/uji-kemampuan-sains-siswa/

Share and Enjoy:
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • email
  • Propeller
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Twitter
 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

One Comment to “Uji Kemampuan Sains SMPN sekota Depok”

Leave your comment here:

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box