Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1432 H | Apa yang Kau Suka

Adsense Link 728 X 15

Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1432 H

December 6th, 2010 0 Comments

Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1432 H

Semoga tahun mendatang kita dilimpahkan rezeki yang melimpah dan diberkati hidup, amin ya rabbal ‘alamiin

Meskipun tidak ada anjuran perayaan dalam tradisi ajaran islam untuk peristiwa pergantian tahun, telah menjadi kebiasaan bagi banyak kaum muslimin untuk saling mengucapkan selamat atau bertukar ucapan atau doa untuk hal ini.

Jika seseorang memberikan ucapan selamat kepada anda, maka balaslah. Namun hendaknya dia tidak memulai, dan inilah sikap yang benar dalam permasalahan ini.

Sebagai contoh, jika seorang berkata kepada Anda, “Kami ucapkan selamat tahun baru (hijriyah),” maka katakan, “Semoga Allah memberikan kebaikan kepada anda dan menjadikannya sebagai tahun kebaikan dan barakah.”

Namun, jangan engkau memulai sendiri ucapan ini, sebab saya tidak mengetahui hal ini datang dari pendahulu (Salafus Sholih) kita, di mana mereka dulu memberi selamat satu sama lain untuk tahun baru. Bahkan, ketahuilah bahwa bahwa Salaf tidak mengambil Muharram sebagai bulan pertama tahun hijriyah, kecuali pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu.

Mengirimkan sms tahun baru yang berisi ucapan selamat tahun baru masehi adalah perbuatan terlarang, alasannya karena perbuatan itu menyerupai adat istiadat orang kafir yang tidak bermanfaat bagi umat islam. Karena itu umat islam tidak perlu latah ikut-ikutan merayakan tahun baru masehi maupun mengirimkan sms selamat tahun baru kepada orang lain. Tidak perlu mengucapkan selamat tahun baru melalui media apapun, baik sms, email, kartu, dll.

Menunjukkan kepedulian kepada orang lain itu bagus, tapi ada banyak cara selain mengirimkan sms tahun baru. Misalnya dengan memberinya perhatian dalam kehidupan sehari-hari, memberikan hadiah secara ikhlas karena mengharap pahala Allah, tanpa perlu dihubungkan dengan momen ulang tahun, valentine, maupun tahun baru. Jika dihubungkan dengan momen ulang tahun ataupun hari valentine maka telah terjadi penyerupaan terhadap budaya orang kafir, padahal dalam sebuah hadis disebutkan mantasyabaha biqoumin fahuwa minhum, artinya: barangsiapa menyerupai suatu kaum maka dia bagian darinya. Jadi jika kita menyerupai/meniru budaya orang kafir maka kita adalah bagian dari orang kafir.

Tahun baru masehi adalah tahun baru milik orang kafir, sedangkan penanggalan yang menjadi milik umat islam adalah penanggalan hijriyah, itupun tidak perlu dirayakan, karena nabi dan para shahabatnya tidak pernah merayakan tahun baru hijriyah, dan sebaik-baik teladan adalah nabi. Namun jika mengucapkan selamat tahun baru hijriyah mungkin ada sedikit kelonggaran, meski yang lebih baik adalah tidak mengucapkan, karena nabi tidak mengucapkan selamat tahun baru hijriyah.

Hari raya tahunan dalam islam hanya dua yaitu idul fitri dan idul adha.

Umar bin Al-Khaththtab Radhiyallahu ‘anhu berkata, “Janganlah kalian mengunjungi kaum musyrikin di gereja-gereja (rumah-rumah ibadah) mereka pada hari besar mereka karena sesungguhnya kemurkaan Allah akan turun atas mereka” [Riwayat Imam Al-Baihaqy No. 18640]

Dia berkata lagi, “Hindarilah musuh-musuh Allah pada momentum hari-hari besar mereka” [Riwayat Imam Al-Baihaqy No. 18641]

Dan dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Barangsiapa yang berdiam di negeri-negeri orang asing, lalu membuat tahun baru dan festifal seperti mereka serta menyerupai mereka hingga dia mati dalam kondisi demikian, maka kelak dia akan dikumpulkan pada hari kiamat bersama mereka” [‘Aun Al-Ma’bud Syarh Sunan Abi Daud, Syarh hadits no. 3512]

Merayakan hari-hari besar orang-orang kafir juga dilarang karena alasan-alasan yang banyak sekali, di antaranya :

[a]. Menyerupai mereka dalam sebagian hari besar mereka mengandung konsekwensi bergembira dan membuat mereka berlapang dada terhadap kebatilan yang sedang mereka lakukan.

[b]. Menyerupai mereka dalam gerak-gerik dan bentuk pada hal-hal yang bersifat lahiriah akan mengandung konsekwensi menyerupai mereka pula dalam gerak-gerik dan bentuk pada hal-hal yang bersifat batiniah yang berupa ‘aqidah-aqidah batil melalui cara mencuri-curi dan bertahap lagi tersembunyi.

Dampak negatif yang paling besar dari hal itu adalah menyerupai orang-orang kafir secara lahiriah akan menimbulkan sejenis kecintaan dan kesukaan serta loyalitas secara batin. Mencintai dan loyal terhadap mereka menafikan keimanan sebagaimana firman Allah Ta’ala.
Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan RasulNya” [Al-Mujadillah : 22]

Hendaknya setiap Mukmin yang menjadi penasehat bagi dirinya dan antusias terhadap keselamatannya dari murka Allah dan laknatNya di dunia dan Akhirat berusaha keras di dalam merealisasikan ilmu dan iman, menjadikan Allah semata sebagai Pemberi petunjuk, Penolong, Hakim dan Pelindung, karena sesungguhnya Dia-lah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong. Cukuplah Rabbmu sebagai Pemberi Petunjuk dan Penolong serta berdo’alah selalu dengan do’a Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini.

“Artinya : Ya, Allah, Rabb Jibril, Mikail, Israfil. Pencipta langit dan bumi. Yang Maha Mengetahui hal yang ghaib dan nyata. Engkau memutuskan hal yang diperselisihkan di antara para hambaMu, berilah petunjuk kepadaku terhadap kebenaran yang diperselisihkan dengan idzinMu, sesungguhnya Engkau menunjuki orang yang Engkau kehendaki ke jalan yang lurus” (HR Muslim).

dari berbagai sumber untuk newbie

jangan lupa dukungannya disini

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

Share and Enjoy:
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • email
  • Propeller
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Twitter
 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1432 H”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box