Rangkuman Liputan OSN PTI 2010 | Apa yang Kau Suka

Adsense Link 728 X 15

Rangkuman Liputan OSN PTI 2010

September 28th, 2010 0 Comments

OSN-PTI 2010 Resmi Dibuka

Senin (27/9), Universitas Indonesia (UI), Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemdiknas Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc secara resmi membuka kegiatan Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi se-Indonesia (OSN-PTI) 2010. Hadir mewakili Mendiknas, Dirjen Dikti memukul gong tanda Olimpiade yang mengikutsertakan sekitar 14.000 mahasiswa tersebut, dimulai secara serentak di 35 titik wilayah Indonesia. Hadir pada acara hari ini, selain Dirjen Dikti, mewakili civitas akademika UI adalah Rektor UI, Prof. Dr. der Soz Gumilar Rusliwa Sumantri. Sedangkan dari pihak Pertamina sebagai salah satu pendukung utama kegiatan ini, adalah Direktur SDM Pertamina, yaitu Rukmi Hadi Hartini.

Dalam sambutannya Rektor UI mengatakan bahwa sains dan teknologi amatlah penting. “Mengapa sains dan teknologi penting? Andalan bangsa kita adalah inovasi, inovasi didapat dari sains dan teknologi. Olimpiade sains ini dimaksudkan untuk meningkatkan animo mahasiswa untuk masuk ke dalam jurusan studi sains serta meningkatkan entrepeneurship”, ujarnya.

13.500 Mahasiswa Ikuti Olimpiade Sains Nasional

Sebanyak 13.500 mahasiswa dari 33 universitas di 33 provinsi seluruh Indonesia hari ini mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2010.

Ajang kompetisi sains tersebut akan menghabiskan anggaran hingga Rp2,7 miliar, untuk hadiah dalam empat mata bidang lomba, yakni matematika, fisika, kimia, dan biologi. Peserta yang berhasil melewati babak penyisihan pada hari ini akan diumumkan pada 1 Oktober 2010, dan kembali diuji pada babak final tingkat provinsi pada 7 Oktober 2010.

Berharap OSN-PTI Seperti Indonesia Idol

Direktur SDM PT Pertamina, Rukmi Hadihartini memiliki impian Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (OSN-PTI) 2010 layaknya ajang pencarian bakat Indonesia Idol. Dimana para generasi muda rela mengantri hingga berjam-jam untuk menjadi idola Indonesia. “Dari ajang tersebut saya berfikir mengapa mereka tidak melakukan hal sama di bidang ilmu pengetahuan. Harapan saya nantinya anak muda dapat concern di bidang sains. Kami ingin generasi muda yang berprestasi. Dan kami tahu mengciptakan generasi muda berprestasi itu tidak mudah,” katanya, Senin (27/9).

Kabar Propinsi

Medan, kabarsumut.com – Sekitar 655 Mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi di Sumatera Utara, Senin (27/09) pagi menghadapi babak penyisihan seleksi Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (OSN-PTI) Pertamina 2010, di Auditorium Universitas Sumatera Utara Jl Dr. T Mansur No.9 Medan.

Sementara itu Dekan FMIPA Universitas Sumatera Utara, Dr.Sutarman,Msc mengungkapkan bahwa antusias mahasiswa untuk berprestasi dalam event akbar ini sangat besar, terbukti dari jumlah peserta yang mencapai 655 peserta mahasiswa telah mengikuti babak penyisihan seleksi tingkat provinsi yang serentak dilaksanakan di 33 universitas pada 33 propinsi seluruh Indonesia. “Tentunya antusias mahasiswa sangat besar, terbukti saat ini…. 655 ikut seleksi tahap awal” ungkap Dr.Sutarman,Msc

Peserta OSNPTI Jateng Meningkat,

Pelaksanaan babak penyisihan Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi se-Indonesia (OSNPTI) Pertamina 2010 tingkat Provinsi Jawa Tengah, diikuti oleh 396 peserta di Auditorium Undip Imam Bardjo, Senin (27/9). Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terjadi peningkatan jumlah peserta hingga 100% dan juga perguruan tinggi yang berpartisipasi.

”Jumlah peserta pada 2009 sekitar 150 dan materi yang dilombakan hanya meliputi Matematika, Fisika, dan Kimia. Tahun ini ada  bidang Biologi masuk dalam kompetisi tersebut,” jelas Koordinator OSNPTI 2010 Wilayah Jateng Dr Endang Kusdiyantini DEA, kemarin.

Di wilayah Jateng, perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang turut berpartisipasi mengirimkan wakilnya dalam kegiatan tersebut antara lain, Undip, Unnes, Unimus, Unissula, UNS, STAIN Surakarta, Unsoed, IAIN Walisongo, Universitas Pekalongan, UKSW, Universitas Widya Darma Klaten, dan IKIP PGRI.
Meningkat

Sebanyak 396 peserta yang mengikuti tes tertulis terbagi 76 peserta di bidang Biologi, Fisika (84), Kimia (96), dan Matematika (140). ”Rencananya, hasil ujian tertulis tingkat provinsi ini diumumkan 1 Oktober 2010 mendatang,” ujarnya, yang juga Pembantu Dekan IV FMIPA Undip ini.

Sementara itu, di awal pembukaan OSNPTI Pertamina 2010, Sales Area Manager PT Pertamina (Persero) Semarang Djoko Supriyanto yang mewakili pihak penyelenggara mengatakan, tidak hanya di wilayah Jateng yang mengalami peningkatan jumlah peserta, tetapi secara kumulatif dari 33 provinsi di seluruh Indonesia juga meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. ”Pada 2009, jumlah peserta yang ikut 11.000 orang, sedangkan di tahun ini meningkat menjadi 13.500 orang,” urainya.

Setelah babak penyisihan di tingkat provinsi, peserta yang lolos pada tes tertulis dan essay serta paparan makalah 7 Oktober 2010 mendatang akan maju di tingkat nasional 1-4 November 2010.

Di Propinsi Jawa Timur, penyisihan ini diselenggarakan di dua tempat yakni Universitas Brawijaya (UB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Senin (27/9). “Secara serentak babak penyisihan ini diselenggarakan di seluruh propinsi di Indonesia untuk menjamin bahwa peserta kompetisi ini terdistribusi merata di seluruh wilayah”, ungkap salah seorang panitia dari Universitas Indonesia, Dr. M. Aziz Majidi kepada PRASETYA Online. OSN-PTI ini, tambah Aziz, memperlombakan empat bidang yakni Kimia, Matematika, Fisika dan Biologi. “Untuk biologi, baru tahun ini mulai diperlombakan”, katanya.

Share and Enjoy:
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • email
  • Propeller
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Twitter
 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Rangkuman Liputan OSN PTI 2010”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box