Rahasia Ilmiah Berjalan di atas bara api tanpa terbakar | Apa yang Kau Suka

Adsense Link 728 X 15

Rahasia Ilmiah Berjalan di atas bara api tanpa terbakar

July 20th, 2010 14 Comments

apiklo postingan kali ini tidak bermaksud untuk membuka rahasia orang atau menghancurkan mata pencarian orang lain, saya disini hanya berniat memberikan sesuatu informasi yang lebih ilmiah dari sekedar tebakan pakai sihir atau semacamnya. postingan ini saya rangkum dari sebuah sumber penelitian ilmiah

Aksi atau permainan berjalan di atas bara api tanpa mengalami luka sudah sering kita lihat. Ada dugaan orang-orang yang melakukan itu menggunakan sihir karena tubuhnya tidak hangus berjalan di atas api.

Tapi ada penjelasan ilmiah kenapa seseorang bisa berjalan di atas bara api tanpa terbakar?

Yang pertama,
kebanyakan aksi berjalan di atas api mengggunakan api yang berasal dari potongan kayu.
Potongan-potongan kayu ini terdiri dari banyak senyawa karbon, beberapa molekul organiknya mudah menguap termasuk menguapkan air.

Molekul organik ini akan mudah untuk menguap jika dipanaskan, karena panas yang dikeluarkan oleh api akan menguapkan semua senyawa organik volatil (mudah menguap) dan juga air. Sehingga yang didapatkan hanya senyawa karbon yang hampir murni dan karbon adalah merupakan salah satu unsur yang ringan.

struktur dari karbon ringan merupakan penghantar panas yang buruk, sehingga dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk mentransfer panas dari bara ke kulit seseorang.

Tapi jika bara yang dihasilkan berasal dari bahan logam, maka perpindahan panas akan terjadi dalam waktu seketika dan seseorang akan mendapatkan luka bakar parah.

Kedua, abu yang dihasilkan dari proses pembakaran juga bisa bertindak sebagai penghambat panas atau lapisan isolator, sehingga perpindahan panas ke kulit seseorang akan menjadi lebih lambat.

Bukan berarti tidak mungkin terbakar sama sekali, karena perpindahan panas masih bisa terjadi. Jika seseorang berdiri diam di atas bara selama beberapa waktu, maka orang tersebut pasti akan mendapatkan luka bakar yang cukup serius.

Namun jika seseorang membatasi kontak kulitnya dengan bara api misalnya dalam jangka waktu yang sangat singkat atau berjalan dengan cepat, maka kaki tidak akan mendapatkan panas yang cukup untuk membakar kulitnya.

Itulah kenapa aksi-aksi berjalan di atas api memang tidak membuat seseorang terbakar. Tapi memang tidak mudah melakukannya dan dibutuhkan keahlian tertentu.

referensi : Howstuffworks

Share and Enjoy:
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • email
  • Propeller
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Twitter
 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

14 Comments to “Rahasia Ilmiah Berjalan di atas bara api tanpa terbakar”

  1. budies says:

    biar dah tahu, tetap gak berani aku, kasihan apinya, kalau-kalau kesakitan

  2. yayah says:

    @budies
    ha..ha… kasian ya.. apinya di injek injek

  3. alief says:

    kalo apinya aku injek, kasian si mbok, gak bisa masak karena udah ogah pake elpiji, takut meledak

  4. gini toh, pantesan !!!
    thankq 🙂

  5. Jidat says:

    Subhanallah. . . sungguh kuasa tuhan

  6. uth says:

    allahuakbar..

  7. Alwi says:

    Oooo begitu toooo …. jadi gak perlu pakai tenaga dalam …???
    dulu pernah juga sih nyobain main bola api …

    OOT : mohon maaf lama gak berkunjung masih banyak banget hal yg harus saya selesaikan sampai akhir Juli ini

  8. Jabon says:

    owh gitu,,, ah tapi saya tetep lom berani nyoba….

  9. Wah,, ternyata gitu tochh caranya..

  10. Jabon says:

    @alief hahaha… takut ngak bisa makan siang ya mas..?? hehe

  11. tomi says:

    betul mas yg penting jgn lama bersentuhan dgn api.. saya pernah maen bola dgn bola yg terbakar tidak apa2 kok.. yg penting jgn lama.. 😀

  12. ni'mah says:

    tetap ja kga berani w
    udah tau api malah di deketin
    kn banyak orang bilang jangan sekali2 main2 dengan api
    kalu itu semua terjadi pasti orang itu punya ilmu yaitu ilmu setan……..

  13. ni'mah says:

    tetap ja w kgak berani
    udah tau api mengapa hrus di mainin
    kan bnyk orang blng jngn sekali2 main2 dngn api
    kalu itu terjadi pasti orang/klompok itu pnya ilmu yaitu ilmu setan……

Leave your comment here:

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box