Ubuntu Light, Booting Hanya 7 Detik | Apa yang Kau Suka

Adsense Link 728 X 15

Ubuntu Light, Booting Hanya 7 Detik

May 16th, 2010 11 Comments

Ini dia, salah satu OS (Operating System berbasis linux) Ubuntu adalah distribusi Linux yang lengkap yang menyediakan semua tool yang diharapkan ada di sistem operasi desktop, termasuk web browser, office suite, komunikasi dan fitur keamanan, dan kemampuan untuk menjalankan ribuan aplikasi pihak ketiga. Tapi tidak seperti Windows, OS X, atau sistem operasi lain desktop, yang bisa memakan waktu satu menit atau lebih lama untuk boot, tergantung pada perangkat keras Anda.

Software open source Ubuntu Light ini mengambil hanya tujuh detik waktu booting – dengan uji coba menggunakan netbook Dell Inspiron Mini 10V, yang memiliki fitur yang sama dengan 1.6GHz prosesor Intel Atom N270 yang banyak ditemukan di netbook yang  dirilis di tahun 2008 dan 2009. Apa yang membedakan Ubuntu Light dari Ubuntu adalah Canonical yang mendesain Ubuntu Light menjadi sistem operasi yang memiliki waktu booting cepat. Bersamaan dengan Splashtop, hyperspace, ringan dan distribusi Linux lainnya di space Ubuntu ini. Hal ini tidak dimaksudkan untuk sepenuhnya menggantikan sistem operasi utama Anda. Sebaliknya, Anda dapat sesuai pada sistem dual boot, sehingga Anda memiliki pilihan untuk loading web browser Anda hanya dalam beberapa  detik, atau loading system operasi di desktop dengan resource sesuai kebutuhan.

Berikut adalah salah satu hal yang paling penting yang harus tahu tentang Ubuntu Light yakni system operasi tersebut tidak mendukung untuk penambahan atau penghapusan program. Ini yang menjadi alasan mengapa sistem operasi dapat dimulai dengan cepat. Juga tidak ada dukungan untuk manajemen file.

Untuk Ubuntu Light, Canonical mendesainn ulang antarmuka pengguna untuk fokus terutama pada aplikasi yang dijalankan paling sering, seperti web browser, email, dan mungkin beberapa aplikasi lainnya. Antarmuka baru itu disebut Unity, dan pada dasarnya memiliki dock aplikasi di sisi layar dan sebuah panel di atas. Dalam sebuah posting blog, pendiri Canonical, Mark Shuttleworth mengatakan bahwa dock aplikasi dan panel dapat menghemat space daripada program full screen yang digunakan untuk Ubuntu Netbook edition. Tujuan utama penggunaan interface Unity juga akan diimplementasikan di Ubuntu Netbook Remix di Ubuntu 10.10 yang akan dirilis Oktober mendatang.

Ubuntu Light akan hadir dalam versi desktop dan netbook. Ide utamanya adalah bobot yang ringan, booting yang cepapt sehingga dapat load system operasi lainnya seperti dengan Windows atau lainnya. Canonical mengatakan Ubuntu Light hadir masih dalam versi OEM, namun belum diketahui kapan versi installable-nya akan hadir

Share and Enjoy:
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • email
  • Propeller
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Twitter
 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

11 Comments to “Ubuntu Light, Booting Hanya 7 Detik”

  1. Reyhan says:

    Hebat…………………

  2. citromduro says:

    pengen belajar linux tapi belum kesampaian juga

  3. citromduro says:

    @citromduro
    pernah buka ubuntu tapi instalasinya tidak paham, apalagi cd distro yang lebih dari satu itu lho yang bikin bingung

  4. Duit Online says:

    Ga pernah jajal linux om

  5. free font says:

    LINUX EMANG KEREN!

    salam kenal mas

  6. kompunetsa says:

    waoww..cepet bgt tuh…
    mantap

  7. Bang Iwan says:

    aku juga kepingin belajar linux kang…

  8. Bang Iwan says:

    selama ini cuman menggunakan windows

  9. ardianzzz says:

    Sepertinya ditujukan untuk komputasi awan yah… btw, chrome os hanya membutuhkan 4-5 detik tuh. Fedora juga pernah mengklaim booting hanya 5 detik dengan asus eepc 4g

  10. Dodol says:

    Linux itu terkenal berat ….
    Bahkan linux yg katanya Light tetep aja berat

    coba install di P3 500 MHz mem 256 ….
    dg winXP + Office XP masih lancar dan stabil
    dg Lubuntu + OpenOffice …. lambatnya minta ampun, trus klo buka file ODF/XLS yg diatas 2MB suka nutup sendiri ….

    gw benci linux, tapi gw terpaksa harus pake linux

  11. Fairuz says:

    Wuih. Jadi kepengen pake ubuntu light. Ane msh pake ubuntu biasa..

Leave your comment here:

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box