virtual-operating-system untuk semua jenis OS | Apa yang Kau Suka

Adsense Link 728 X 15

virtual-operating-system untuk semua jenis OS

December 22nd, 2009 0 Comments

Sekedar Informasi aja nih Bagi Anda yang suka gemar berpetualang mencoba berbagai jenis sistem operasi terbaru dan juga tidak ingin mengeluarkan kocek sedikitpun untuk pembelian perangkat keras baru sebagai media ujicoba mungkin solusi yang tepat adalah menggunakan “Virtual OS”. Virtual OS adalah sebuah teknologi yang memungkinkan Anda untuk menginstal sebuah OS yang sama maupun berbeda secara virtual tanpa perlu kuatir akan adanya konflik dengan OS yang sedang Anda gunakan saat ini. Berbeda dengan dual-boot,

virtual pc

virtual pc

Virtual OS ini cenderung lebih aman dan praktis karena cara kerjanya mirip dengan aplikasi perangkat lunak pada umumnya, hanya saja sewaktu proses virtualisasi dijalankan akan terjadi proses pemakaian bersama “resource” di komputer Anda sehingga kedua-duanya akan sedikit berjalan lambat. Namun bagi pengguna yang mempunyai spesifikasi komputer yang lebih maka hal ini tidak akan dirasakan.

Ada beberapa software aplikasi Virtual OS yang dapat digunakan seperti VirtualPC dan VirtualBox , keduanya dirilis secara gratis oleh vendornya atau Anda juga dapat mencoba aplikasi komersil seperti VMWare jika ingin mendapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

Ketika Anda sudah pernah mencoba Virtual OS ini, Anda akan dibuat berdecak kagum karena fitur-2 didalamnya hampir mempunyai kesamaan dengan spesifikasi hardware secara nyata.  Anda dapat memilih jenis tipe hardisk, besarnya alokasi memori, bentuk koneksi jaringan serta opsi-2 lain yang dapat dirubah sewaktu-waktu.

Beberapa manfaat lain yang penulis dapatkan sewaktu berkenalan menggunakan Virtual OS ini adalah :

Sewaktu melakukan tutorial didalam kelas dengan materi Sistem Operasi & Jaringan, dengan bermodal Laptop penulis dapat menunjukkan kepada mahasiswa berbagai macam operasi sistem yang sedang berkembang saat ini. Mahasiswapun diperbolehkan mencoba tanpa adanya kekuatiran akan terjadi kerusakan pada Laptop karena secara teknis, Virtual OS dibuat berjalan terpisah dengan sistem OS yang sebenarnya.

Didalam proses pengembangan aplikasi dalam berbagai proyek, penulis menggunakan Virtual OS sebagai sarana ujicoba(testing) karena sifatnya yang masih bersih dari berbagai instalasi sehingga hasil ujicoba menjadi lebih valid dari pada melakukan ujicoba pada komputer yang sudah banyak instalasi aplikasi didalamnya.

Pada kesempatan luang, penulis dapat belajar dan bereksperimen tentang ilmu jaringan komputer dengan cukup menggunakan satu komputer saja karena dengan Virtual OS ini, sebuah PC dapat disulap menjadi multi-PC asal resource (Procesor, space, memory, Lan Card, dll) tersedia lebih apalagi sebuah Virtual OS juga menyediakan koneksi jaringan secara private, bridge maupun ekternal.

Nah, tunggu apalagi !. Bagi Anda yang belum mencobanya, silahkan kunjungi beberapa link berikut :

VMWARE
http://www.vmware.com

VIRTUAL BOX
http://www.virtualbox.org

VIRTUAL PC
http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyId=04D26402-3199-48A3-AFA2-2DC0B40A73B6

semogoa bermanfaat ya bro… jangan lupa kunjungi tulisan kami yang lain di sini

Share and Enjoy:
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • email
  • Propeller
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Twitter
 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “virtual-operating-system untuk semua jenis OS”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box