ADAT PALANG PINTU BETAWI | Apa yang Kau Suka

Adsense Link 728 X 15

ADAT PALANG PINTU BETAWI

March 10th, 2009 0 Comments

bagus nich (menurutku sich..)hanya untuk sekedar refresing aja..:) salah
satu adat betawi yg sudah jarang ditemukan. Jadi teringat masa remaja, yg lahir
dan besar dilingkungan anak2 betawi, yg rada tengil, kalau ngomong asal
ngejeplak. tapi akrab sekali, walau candaan suka memanas, terakhirnya sering
terbahak2. yg buat salut adl keakrabannya dan ruh agamanya.

hmm..yg jadi ciri khas saat itu adalah, jangan ngaku2 anak betawi kalau nda
bisa silat dan ngaji:)hehehe..aku jadi inget, setiap kali bangunin kakeku tidur
(sebutannya baba aji), harus dari jarak 1meter pake sapu or sistem tepuk
badannya terus kabur..hehehe kalau nda gitu, biasanya kena jurus silatnya yg
spontan dimainkan, kalau kaget ada yg colek. Maklum..mantan jawara, anak
buahnya si pitung kaliii..(candaan cucu2nya sama beliau) *_^

ciri khas anak betawi asli, yg cowok kebanyakannya pendiam, nyeletuk2 kalau ada
kesempatan, tapi ceweknya..kalau dah ngomong kaya petasan cabe, panjang benerrr
rentetannya:) hehehe tapi kalau ada keributan or dengar anak cewek ada yg
gangguin, cowok2 yg tadinya calm biasanya langsung panas dan berdiri kedepan.
yg cowoknya calm tapi nda boleh digangguin, yg cewek cerewetnya minta ampun,
tapi rajin dan nurut sama suami. Deeee..deeee..:) tapi..saat ini aku dah jarang
temuin hal2 spt itu lagi, sudah banyak orang2 betawi asli yg tersingkirkan dan
berbaur dengan para pendatang, dan sedikit demi sedikit melupakan ciri2 khasnya.
Ingat komentarku sama anakku, karena rindu ke khasan betawi ini,

“kak..nanti kalau ada yg mau lamar kakak..mama mau nikahin kamu pake adat
betawi yg ada palang pintunya..”
“emang apaan tuch ma..?” tanyanya bingung
“calon suami kamu, harus kalahin jagoan mama untuk duel, supaya bisa dapetin
kamu..”
“tapi..biasanya yg dari pihak laki selalu menang kan ma..?” tanyanya lugu
“tergantung..nanti mama mau sewa jet lie, jadi calon suami kamu harus kalahin
jet lie dulu, baru bisa nikahin kamu..:) hehehe

“huuuu..nda jadi nikah dong ma..?kalau mama sewa jet lie, shafa sewa siapa dong
ma..?”

“terserah..sewa jacky chan or nenek bos (ayahku yg kebetulan bugis) juga
boleh..:) hehehe

oke..selamat menyimak adat betawi dalam pernikahan yg sekarang sudah jarang
ditemukan

salam
hana

==========
Bismillah.
Perkawinan, adalah salah satu perjalanan manusia yang dianggap sakral oleh
masyarakat Betawi. Saking sakralnya, maka ada beberapa prosesi yang harus
dilalui kedua mempelai menjelang pernikahannya. Salah satunya adalah Palang
Pintu.
Upacara pernikahan diawali dengan arak-arakkan calon pengantin pria menuju ke
rumah calon istrinya. Dalam arak-arakan itu, selain iringan rebana ketimpring
juga diikuti barisan sejumlah kerabat yang membawa sejumlah seserahan mulai
dari roti buaya yang melambangkan kesetiaan abadi, sayur-mayur, uang, jajanan
khas Betawi, dan pakaian. Selain itu, perlengkapan kamar pengantin yang berat
seperti tempat tidur serta lemari juga dibawa dalam prosesi arak-arakkan.
Tradisi Palang Pintu ini merupakan pelengkap saat pengantin pria yang disebut
“tuan raja mude” hendak memasuki rumah pengantin wanita atawa “tuan putri”.
Nah, saat hendak masuk kediaman pengantin putri itulah, pihak pengantin wanita
akan menghadang.

Awalnya, terjadi dialog yang sopan. Masing-masing saling bertukar salam,
masing-masing saling mendoakan. Sampai akhirnya pelan-pelan situasi memanas
lantaran pihak pengantin perempun ingin menguji kesaktian dan juga kepandaian
pihak pengantin laki-laki dalam berilmu silat dan mengaji.
Baku hantam pun terjadi. Sudah pasti, akhirnya pihak lelakilah yang menang.
(He he he… kalau pihak lelaki tak menang, tentu gak akan terjadi pernikahan
bukan?).

Usai memenangi pertarungan, pengantin perempuan pun biasanya meminta pihak
lelaki untuk memamerkan kebolehannya dalam membaca Al Quran. Dan sudah pasti
lagi, ujian ini pun mampu dilewatinya.

Berikut adalah drama satu babak ketika acara Palang Pintu berlangsung yang
diwakili oleh pihak pengantin Perempuan (P) dan pihak penganti Laki (L).

P: Eh … bang-bang berenti, bang budeg ape luh…Eh… bang nih ape maksudnye nih …
selong-selonong di kampung orang, Emangnye lu kagak tahu kalo nih kampung ade
yang punye?…

Eh… Bang, rumah gedongan rumah belande, pagarnya kawat tiangnya besi, gue kaga
mao tau nih rombongan datengnye dari mane mau kemane, tapi lewat kampung gue
kudu permisi.

L: Oh… jadi lewat kampung sini kudu permisi, bang

P: Iye emangnye lu kate nih tegalan

L: maafin aye bang, kalo kedatangan aye ama rombongan kage berkenan di ati
sudare-sudare…Sebelomnye aye pengen ucapin dulu nih Bang…Assalamu, alaiku

P: Alaikum salam…

L: Begini bang…makan sekuteng di Pasar Jum,at, mampir dulu di Kramat Jati,
aye dateng ama rombongan dengan segala hormat, mohon diterime dengan senang hati
P: Oh … jadi lu uda niat dateng kemari…eh…Bang, kalo makan buah kenari…,
jangan ditelen biji-bijinye…kalo ku udeh niat dateng kemari…gue pengen tahu ape
hajatnye?…
L:Oh… jadi Abang pengen tahu ape hajatnye…emang Abang kage di kasih tau ame
tuan rumehnye…Bang, ade siang ade malam, ade bulan ade matahari, kalo bukan
lantaran perawan yang di dalam, kaga bakalan nih laki gue anterin ke mari
P: Oh… jadi lantaran perawan Abang kemari?…Eh… Bang, kage salah Abang beli
lemari, tapi sayang kage ade kuncinye, kage salah abang datang kemari, tapi
sayang tuh… perawan ude ade yang punye
L: Oh…jadi tuh perawan ude ade yang punye, eh …Bang crukcuk kuburan cine,
kuburan Islam aye nyang ngajiin, biar kate tuh perawan udeh ade yang punye,
tetep aje nih laki bakal jadiin
P: …Jadi elu kaga ngerti pengen jadiin, eh … bang kalo jalan lewat kemayoran,
ati-ati jalannye licin, dari pada niat lu kage kesampaian, lu pilih mati ape lu
batalin
L: Oh… jadi abang bekeras nih…eh …Bang ibarat baju udah kepalang basah, masak
nasi udah jadi bubur, biar kate aye mati berkalang tanah, setapak kage nantinye
aye bakal mundur
P: Oh… jadi lu sangke kage mau mundur, ikan belut mati di tusuk, dalam kuali
kudu masaknye, eh… nih palang pintu kage ijinin lu masuk, sebelum lu penuin
persaratannye
L: Oh…jadi kalo mao dapet perawan sini ade saratnye, Bang…?

P : Ade…, jadi pelayan aje ada saratnye… apa lagi perawan…

L: Kalo begitu… sebutin saratnye… Bang…

P: Lu pengen tau ape saratnye…kude lumping dari tangerang, kedipin mate cari
menantu, pasang kuping lu terang-terang, adepin dulu jago gue satu-persatu

L: Oh… jadi kalo mao dapet perawan sini saratnye bekelai Bang…

P: Iye … kalo lu takut, lu pulang…

L: bintang seawan-awan, aye itungin beribu satu, berape banyak Abang punya
jagoan, aye bakal adepin satu-persatu
Setelah adegan di atas, pemain palang pintu biasanya melanjutkan dengan
kembangan. Berikut adalah petikannya.
L: bang, lu tau dalemnye rawe, pasti lu tau kali semanan, kalo mau tau
namenye jaware, nih lu liat gue punye maenan (jalanin jurusnye ). Nih ….baru
kembangnye …. Bang…ntar buahnye….
P: Kelape ijo ditusuk belati naek perahu lurus jalannye. udeh banyak jago
yang mati
nih jurus pukulannye (jalanin jurusnye)kalo elu buahnye…nih bijinye….
Beradu jurus pun berakhir. Pihak pengantin lelaki keluar sebagai pemenang.
Perbincangan pun dilanjutkan kembali.
L: Gimane Bang…rase-rasenye jagoan Abang udeh pade rontok semua nih…
ape aye ame rombongan udah boleh masuk?…ape masih ade saratnye lagi Bang?…

P: Ntar dulu Bang, enak aje… pan lu tau…buah cereme jangan diasinin makan
nasinye di kandang kude sarat pertame emang lu ude penuin…tapi masih ade sarat
yang kedue…
L: Sebutin udah bang jangan lame-lame

P: Tukang lakse dagangnye malam jalannya muter ke pasar kranji gue minta
elu jangan cume bise berantem tapi gue pengen denger lu bise ngaji
L: Tumbuk ketan jadinye uli, ulinye juge kudui ditapeni. betaun-taun anak
kampung gue bisa ngaji. lagu yang Abang minta aye bawain
(baca sikeh) Gimane Bang… soal berantem aye udah ladenin, soal ngaji
abang udah dengerin ape aye ame rombongan udah boleh masuk, ape masih ade
saratnye lagi, bang?…
P: Cukup-cukup dah Bang…rase-rasenye kage sie-sie aye bebesanan ame Abang
soal silat Abang jago…soal ngaji Abang bise…aye Cuma bisa bilang…
buah mangga bukan sembarang mangga
buahnye satu tulung petikin
aye bangga bukan sembarang bangga
mantu yang begini yang aye arep-arepin
ahlan wasahlan buat Abang ame rombongan…
Assalamu, alaikum…
TAMAT
Penulis: Jodhi Yudono
Dimuat di KOMPAS Senin, 23 April 2007

nowGoogle.com adalah multiple search engine popular

Festival Museum Nusantara

Dofollow Social Bookmark Indonesia

Informasi Bisnis Online Indonesia

Toko Pulsa Online

Share and Enjoy:
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • email
  • Propeller
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Twitter
 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “ADAT PALANG PINTU BETAWI”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box